Senin, 22 Juni 2009

Mie Belitung



Mie yang satu ini bener-bener berbeda dari mie yang ada dan sudah pernah saya coba. Dan mie ini sesuai namanya memang berasal dari Pulau Belitung.
Awalnya resep ini adalah karena kerinduan akan makanan yg berasal dari Belitung dimana kami menghabiskan masa kecil di pulau kecil tersebut berpuluh tahun yg lalu, dimana saat itu Riri Reza maupun Mira Lesmana saya yakin tidak tau dimana belitung itu, selain mengetahui dari pelajaran sekolah sebagai pulau paenghasil timah terbesar di Indonesia.
Belitung sekarang terkenal dengan pantai dan seafoodnya serta kerupuk kemplang dan getasnya. Namun bagi kami ada satu penganan yg berkesan, mungkin karena berbeda dari yang lainnya, atau mungkin juga karena dulu saat kami menikmatinya perlu perjuangan tersendiri.
Penjual mie ini kalau saya tidak salah ada didekat bioskop yg namanya Bioskop Gunung Tajam, makanya kami searing menyebut mie Gunung Tajam. Dan dulunya orang tua kami tidak suka kalau kami jajan disitu, sehingga perlu mengarang cerita dulu kalau kami ingin kesana.
Setelah kami meninggalkan pulau Belitung kerinduan akan rasa mie tersebut sering kali mengganggu. Dan kami hanya bisa menikmati apabila ada kerabat yang kebetulan masih mempunyai keluarga disana, dan waktu itu pesawat kesana belum seperti sekarang. Kami mencoba mencari di Jakarta ini, akhirnya kami menemukan rumah makan kecil di daerah Gunung Sahari yg menjual mie Belitung ini, yang dimiliki oleh seorang Cina Belitung. Sayangbnya di rumah makan tersebut juga menjual menu B2, sehingga kami tidak pernah kembali lagi kesana.
Mulailah pencarian resep mie belitung di mulai. Setelah mencoba belasan kali berdasarkan pesanan khusus dari Belitung, akhirnya kami rasa resep terakhir inilah yg lumayan pas dengan rasa Mie Belitung asli. Lumayanlah untuk mengobati rasa rindu akan mie tersebut bisa terobati tanpa harus menunggu kiriman dari Belitung.
Unutk yang belum pernah mencoba.............Coba deh!!!!!!!!!!!
Karena rasanya beda dengan mie daerah lain seperti Mie Medan, Mie Aceh apalagi Mie Bangka.


3 komentar:

  1. emang mantap mie rebus belitong..

    BalasHapus
  2. kok resep mie belitongnya nggak ditulis mbak...kalau ada mau ya...terima kasih...

    BalasHapus
  3. wah mbak boleh donk bagi2 resepnya..iya emang yg di gunung sahari jualnya campur ada B2 nya makanya saya pengen ksana makan gitu cuma risih...^_^
    saya bukan orang belitung asli cuma saya da ketagihan sama mie yg satu ni rasaynya mang bener2 beda dari yg lain...mbak saya tunggu resepnya ya...di liana857@gmail.com makasih banyak lho mbak....

    BalasHapus