Sabtu, 06 Juni 2009

Nasi Liwet Bandung



Nasi Liwet Bandung.
Banyak yang agak kaget waktu tau ada Nasi Liwet Bandung. Yang selama ini ngetop adalah Nasi Liwet Solo. Aku juga pertama kali dikasih tau Nasi Liwet Bandung, langsung berkomentar............ Emang ada? Bukannya Nasi liwet dari Solo?????
Waktu itu belum ada menu Nasi Liwet di resto2 di Bandung, wajar aja kita yg suka jajan di Bandung gak tau kalau di Bandung ada jg nasi liwet. Kaya apa? Gini ceritanya.

Pertama kali nyoba waktu kita liburan di rumah Tante di Bandung mungkin sekitar kira-kira 5 tahun yg lalu. Tadinya kita sudah mau pulang ke Jakarta, tapi si Tante & Om maksa utk nginep semalem lagi supaya nt malem kita bisa makan Nasi Liwet Bandung lengkap dengan pepes daun singkong dan ikan peda yg udah disiapin sama si mamang yg notabene pembantu dan penjaga malemnya si Om. Jadilah kita nambah nginep semalem lg.
Sehabis magrib si mamang sudah repot di dapurnya si tante nyiapin bikin nasi liwet. Ternyata bikin nasi liwetnya beda banget dengan bikin nasi umumnya. Panci yg di pake, panci aluminium yg ada gagangnya ( lupa namanya), pokoknya kaya yg suka di pake jaman camping wkt mahasiswa dulu. Beras dicampur sama daun salam, sereh, irisan daun bawang, gorengan teri halus sedikit garem dan sedikit minyak goreng. Tiba-tiba si mamang nenteng panci keluar rumah..........Eh, mau di bawa kemana mang? Kok gak dimasak? Sini neng, kita masaknya disini sambil berjalan keluar rumah.
Ternyata si mamang jalan ke tanah kosong didepan rumah si Om yg likasinya di Bandung Regency dan disana udah ada api unggun pake kayu bakar n pandi td langsung di gantung diatas api kayu bakar tersebut. Dan si Om sudah menyiapkan singkong yg baru di cabut dari halaman sebelah rumahnya utk di bakar.
Woooooooooooooow jadilah makan malem yg tak terlupakan. Menu nasi liwet yg br pertama kali dicoba dengan pepes peda & daun singkong, duduk di batu & rumput dibawah bintang2, desiran angin Bandung yg dingin dan pemandangan kota Bandung yg berkelap-kelip, amatlah romantis dan menakjubkan.
Sejak itulah Nasi Liwet Bandung menjadi salah satu menu favorit yg sering di pesan temen2.
Cuman Nasi Liwet Bandung ini ada tambahannya sebagai pelengkap : Ayam goreng suir, kering kentang, ikan asin oseng cabai hijau, lalap atau pepes peda daun singkong, sambel & kerupuk.
Bisa disajikan prasmanan bisa juga di bungkus dalam daun pisang beserta kelengkapannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar